Ketika Ramadhan Mulai Menjauh


Tepat malam ini tanggal 26 Ramadhan 1437 H, tak terasa kita sudah di hampir di ujung Ramadhan tahun ini tinggal kurang lebih 4 hari lagi Ramadhan betul-betul telah meninggalkan kita semua. 
Tidak ada lagi shalat tarawih dan kuliah shubuh dan yang pastinya tidak ada lagi pahala yang diberikan sama dengan ibadah yang dilakukan jika di bulan Ramadhan. Mudah-mudahan Ramadhan tahun ini bukanlah Ramadhan terakhir buat kita. Amin

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/db/3f/f4/db3ff4d797710f82abbe1b1d3b26be02.jpg
Sangat terasa perbedaan ibadah di awal, tengah dan di akhir Ramadhan. Di awal Ramadhan langgar, mesjid dan tempat ibadah lainnya penuh sesak dengan jamaah yang ingin shalat maupun untuk ibada lainnya. Tapi entah kenapa semangat tersebut tidak tertular ketika berada di tengah dan akhir Ramadhan. Tempat ibadah semakin kekurangan orang yang beribadah. Yang sangat membuat heran dan bingung, yang penuh sesak adalah tempat belanja baik itu pasar malam apalagi mall dengan orang yang hanya memikirkan baju baru yang akan dikenakan di hari lebaran. 
Selayaknya kita sebagai manusia yang tidak mengetahui apakah masih diberikan umur panjang, tak sepantasnyalah kita menyiakan umur yang masih ada. Selayaknya kita harus mengisi umur tersebut dengan segala bentuk ibadah yang nantinya akan menjadi teman di kubur nanti.
Hanya kepada Allahlah kita memohon hidayah dan taufiknya agar diberikan kesadaran akan pentingnya beribadah di bulan Ramadhan terlebih lagi di akhir Ramadhan (malam lailatul qadr).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »