WORSHOP PENULISAN SKRIPSI BERBAHASA ARAB

 


Skripsi adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program Sarjana (S1) di seluruh program studi. Skripsi merupakan bukti kemampuan akademik mahasiswa dalam penelitian yang berhubungan dengan bidang keahliannya. Dalam kenyataannya masih banyak mahasiswa tingkat akhir merasakan kesulitan unuk menulis skripsi. Alasan inilah yang membuat Himpunan Mahasiswa Prodi PBA STIQ Amuntai melaksanakan Workshop Penulisan Skripsi Bahasa Arab pada Ahad, 28 November 2021 bertempat di Auditorium lantai dua STIQ Amuntai.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Ketua LPM STIQ Amuntai mewakili Ketua Prodi PBA STIQ Amuntai yang berhalangan hadir pada kesempatan itu diikuti tiga belas orang mahasiswa dan dua puluh lima mahasiswi prodi PBA STIQ Amuntai.



Narasumber dalam workshop ini adalah H. Hasan, MA.Hum menjelaskan pentingnya banyak membaca referensi yang berhubungan dengan tema yang nantinya akan ditulis menjadi skripsi seperti membaca buku mengenai pendidikan Bahasa Arab maupun jurnal elektronik yang dewasa ini semakin meningkat baik segi kuantitas maupun kualitas. Narasumber juga menjelaskan alur pengajuan judul proposal sampai sidang munaqasah skripsi. Hal ini perlu diketahui oleh mahasiswa agar nanti mudah melewati step by step penulisan skripsi.

Narasumber menambahkan bahwa peta konsep judul skripsi di prodi PBA STIQ Amuntai secara umum ada tiga macam yakni Pembelajaran Bahasa Arab terdiri dari Kurikulum, evaluasi, media, strategi pembelajaran dan lain-lain, Bahasa Arab terdiri dari sharf, nahwu, balaghah dan lain-lain dan yang terakhir dalam bidang al Quran yang terdiri dari Qiraat, metode tahfidz/tahsin dan lain-lain. Ketiga hal ini perlu dipahami secara betul dan benar bagi mahasiswa prodi PBA STIQ Amuntai agar nanti mudah menentuan judul skripsi masing-masing.

Dalam workshop itu narasumber membagikan ebook kamus penulisan karya tulis ilmiah Dr. Sakholid Nasution, MA, ebook Uslub Nahwu yang berisi tentang gaya Bahasa Arab yang sering digunakan dalam fusha dan yang terakhir ebook kamus idiom Bahasa Arab dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Acara diakhiri dengan pemberian sertifikat narasumber secara simbolis oleh Hidayatullah sebagai Ketua Pelaksana Workshop Penulisan Skripsi Bahasa Arab. (HH)

Materi workshop bisa diunduh di SINI 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »