PEJUANG ASI (Potensi dan Tantangan bagi Pekerja Kantoran)



Mendengar kata ASI, setiap orang tua mayoritas mengetahui apa itu ASI, yakni Air Susu Ibu. ASI inilah yang sangat diperlukan oleh bayi selama 2 tahun pertama hidupnya (pemberian ASI kepada bayi secara eksklusif yaitu selama 6 bulan awal kehidupannya kemudian diteruskan hingga 2 tahun bersama makanan pendamping).
Selama ini penulis mendapati tipe orang tua mengenai ASI. ada orang tua yang sangat care,bahkan orang tua demikian membentuk perkumpulan pejuang asi dan juga ada yang tidak peduli sama sekali tentang ASI

Dilansir dari laman ibudanbalita ASI memiliki banyak keistimewaan antara lain:
1. Merupakan susu yang paling tepat dan lengkap nutrisinya di setiap tahapan pertumbuhan bayi dari hari ke hari.2. ASI mengandung faktor protektif (pelindung) sehingga bayi yang mendapatkan ASI memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga jarang terkena penyakit.3. Tidak ada bayi yang alergi terhadap ASI karena immunoglobulin pada kolostrum selain sebagai antibakteri juga berfungsi untuk mencegah terserapnya makromolekul asing yang dapat memicu alergi.4. Berdasar penelitian, anak yang mendapatkan ASI umumnya memiliki kecerdasan lebih dibanding anak yang tidak diberi ASI eksklusif.5. Bagi sang ibu, pemberian ASI dapat mempercepat pengecilan rahim dan mencegah terjadinya perdarahan pasca melahirkan melalui mekanisme hormon oksitosin. Selain itu, pemberian ASI mampu mengurangi resiko kanker payudara dan kanker ovarium.
6. Menyusui mampu memperkuat ikatan emosional antara ibu dengan sang bayi. Bayi akan merasa aman dan nyaman dalam dekapan ibunya. Hubungan kasih sayang yang kokoh ini dapat memberikan efek positif pada perkembangan psikologi anak.

Bagi ibu sekaligus pekerja kantoran menyusi dan bekerja merupakan dilema tersendiri. ada yang semangat menyusui anaknya bahkan ada yang malah mengalahkan menyusui hanya untuk karirnya semata.
Akhirnya, pilihan akhirnya jatuh kepada wanita itu sendiri apakah tetap menyusui anaknya atau malah tetap memilih karir untuk membangun tangga jabatan dunianya semata. wallahu a'lam

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »