WEBINAR BEDAH BUKU "MEMELUK KATA" KARYA BAHRUL ILMI

 

    Secara sederhana bedah buku didefenisikan sebagai sebuah kegiatan mengungkapkan kembali isi suatu buku yang ditulis oleh penulis secara ringkas, dan dengan memberikan saran terkait dengan kekurangan dan kelebihan buku tersebut. Dengan demikian buku yang ditulis dijelaskan oleh penulis dan dikomentari oleh pembaca maupun pembedah.

     Bedah buku kali ini diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa (DEMA) STIQ Amuntai dilaksanakan pada Ahad 6 Juni 2021 dengan aplikasi Zoom dan juga disiarkan secara Live di platform Youtube  dengan menghadirkan 3 narasumber yakni Rahmah, S.Pd.I (Kepala Perpustakaan Sekolah Islam Terpadu Ihsanul Amal Alabio), H. Hasan, MA.Hum (Ketua Unit Publikasi Ilmiah dan Pengelola STIQ Amuntai Press) dan juga penulis buku “Memeluk Kata” itu sendiri yakni Bahrul Ilmi, S.Pd.

    Materi pertama disampaikan Rahmah, S.Pd.I mengenai kelebihan dan kekurangan buku “Memeluk Kata” baik dari segi tampilan maupun dari kualitas isi buku itu sendiri. Saran dari narasumber ini sangat bermanfaat bagi kesempurnaan untuk cetakan buku itu sendiri.

    Materi kedua disampaikan H. Hasan, MA.Hum dengan materi Proses Penerbitan Buku ber-ISBN: Dari Draft sampai terbit. Materi ini diharapkan agar memberikan informasi tentang seluk-beluk dari proses penerbitan buku ber-ISBN dan juga sebagai motivasi bagi penulis pemula untuk berani menerbitkan bukunya sendiri. Materi kedua ini dalam format PDF dapat diunduh DISINI

    Materi ketiga disampaikan penulis buku Memeluk Kata itu sendiri. Dalam pemaparannya penulis menceritakan perjalanan penulisan buku dari draft sampai publish yang tentunya menghabiskan waktu yang tidak sedikit. Ada hal menarik dari pemaparan penulis bahwa buku ini diawali dari kebiasaan penulis menuliskan quotes yang ditulis di aplikasi Whatsapp dan dikirimkan di grup Whatsapp mahasiswa PGMI STIQ Amuntai. (HS)

 Rekaman acara bisa dilihat di 



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »