WEBINAR NASIONAL LANGKAH JITU MENGUASAI TOAFL/TES STANDAR BAHASA ARAB

 

Dewasa ini penguasaan Bahasa Arab baik aktif maupun pasif sangat dibutuhkan bagi semua kalangan khususnya mahasiswa maupun dosen khususnya bagi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Salah satu cara mengetahui sejauhmana kemampuan seseorang dalam Bahasa Arab adalah mengikuti TOAFL (Test of Arabic as Foreign Language). Berdasarkan pemikiran inilah Ketua Prodi PBA STIQ Amuntai H. Hasan, MA.Hum menginspirasi diadakannya webinar Nasional yang bertajuk “Langkah Jitu Menguasai TOAFL/Tes Standar Bahasa Arab” yang dilaksanakan pada Rabu, 19 Agustus 2020 M/29 Dzulhijjah 1421 H. Narasumber yang dihadirkan Prodi PBA STIQ Amuntai adalah Dr. Ahmad Muradi, M.Ag. Beliau adalah Kepala Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Antasari Banjarmasin yang tidak diragukan lagi keahlian dan kepakaran dalam bidang TOAFL. Sedangkan yang menjadi moderator dalam webinar tersebut adalah langsung Kaprodi PBA STIQ Amuntai itu sendiri yakni H.Hasan, MA.Hum.Webinar ini dapat diikuti pada platform Zoom dan Youtube Prodi PBA STIQ Amuntai.

Narasumber memaparkan apa saja yang menjadi bagian di TOAFL adalah fahm al masmu’ (berisi 50 item soal), fahm al tarakib wa al ‘ibarat (berisi 40 item soal, dan fahm al mufradat wa al nash al maktub wa al qawaid (berisi 50 item soal). Tiga hal ini lah yang seharusnya dipahami terlebih dulu bagi yang ingin mengikuti TOAFL sehingga ketika berhadapan dengan soal-soal tidak terkejut.

Substansi soal-soal didasarkan pada buku-buku Bahasa Arab standar baik klasik maupun kontemporer dan Wacana yang diujikan meliputi kajian keislaman seperti al quran, hadits, fiqih, tasawuf, tafsir, sejarah Islam dan kebudayaan Islam, ekonomi Islam, perkembangan modern/kontemporer dunia Islam dan perkembangan sains dalam berbagai bidang sehingga sangat diperlukan sekali mufradat yang banyak dalam Bahasa Arab.

Ditambahkan narasumber hal yang perlu diperhatikan saat mengikuti TOAFL dapat dibagi menjadi dua yakni pra/menjelang maupun saat test TOAFL berlangsung. Hal yang perlu diperhatikan pra/menjelang TOAFL adalah perlu seringnya berlatih khususnya dalam istima’ dan tarkib Bahasa Arab. Adapun yang perlu diperhatikan saat tes berlangsung adalah tenang/berpikir positif, mengatur waktu, jangan terlalu terpaku pada soal yang sulit dan yang terpenting adalah jawab semua soal. Terakhir narasumber juga menitikberatkan jangan mengandalkan trik dan tip dalam menjawab soal hanya berdasarkan pengalaman dari peserta yang sudah ikut dan yang paling penting adalah penguasaan teori dan wawasan mufradat serta latihan.

Untuk materi PPT webinar silakan unduh DI SINI


 

Post a Comment

Previous Post Next Post