WEB SEMINAR NASIONAL TIPS MENULIS ARTIKEL ILMIAH ORISINAL: PRAKTIK CEK PLAGIAT ONLINE GRATIS DAN REFERENSI OTOMATIS



Dalam dunia akademisi membaca dan menulis merupakan sebuah keharusan di dalamnya yang mau tidak mau orang di dalamnya (mahasiswa maupun dosen) harus memberikan perhatian lebih terhadapnya khususnya dalam menulis.

Dewasa ini kegiatan menulis dalam akademisi harus diupayakan kepada hal orisinalitas sebuah draft tulisan. Orisinalitas merupakan hal yang dibuat oleh penulis itu sendiri. Orisinalitas dapat ditelusuri dengan bantuan aplikasi plagiarsme yang semakin mudah didapatkan.

Satu hal lagi yang dapat membantu akademisi dalam penulisan sebuah artikel adalah adanya references manager yang berfungsi mengatur tata letak dan format penulisan referensi yang digunakan ketika menulis draft artikel sesuai template jurnal yang diinginkan.

Berdasarkan pemikiran di atas maka LKP TRIANGLE SOLUTION bekerjasama dengan PBA STIQ Amuntai mengadakan webinar nasional Tips Menulis Artikel Ilmiah Orisinal: Praktik Cek Plagiat Online Gratis dan Referensi Otomatis yang menghadirkan narasumber Chief Editor Jurnal Al Mi’yar PBA STIQ Amuntai H. Hasan, MA.Hum.

Webinar dilaksanakan pada Senin, 06 Juli 2020 jam 08.30 sampai 09.00 WIB di aplikasi Google Meet yang disiarkan secara langsung melalui Channel Youtube LKP TRIANGLE SOLUTION.

Dalam webinar ini nara sumber berbagi tips menulis dengan orisinal yakni dengan banyak membaca literature apalagi di zaman serba digital ini buku bacaan sangat banyak “berserakan” di alam maya, kuncinya adalah bagaimana menemukan bahan bacaan yang sesuai dengan minat kita sebagai penulis. Salah satunya adalah dengan website https://openknowledgemaps.org/ ataupun google scholar. Ketika bacaan yang telah disintesis diubah menjadi tulisan artikel tersebut diperiksa plagiasinya dengan bantuan aplikasi Turnitin maupun yang lainnya diketahui tingkat plagiasinya rendah maka dapat dipastikan draft artikel diterima di jurnal ilmiah manapun dengan syarat sesuai dengan scope jurnal tersebut.


Materi dalam Kultano (Kuliah Tamu Nasional Online) 3 dapat diunduh di tautan INI

Rekaman Kultano bisa dilihat di 



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »